Hai, mahasiswa dan mahasiswi. Berbagai kesempatan ini milikmu.

Mahasiswa dan mahasiswi dikenal sebagai kaum intelektual. Pasti sangat menyenangkan dan bersyukurlah atas peluang itu, karna berharganyaaa πŸ˜€ dan tidak terulang sesuai keinginan, sayang sekali jika diabaikan padahal diberi kesempatan itu. πŸ™‚

Tahukah, berbagai kesempatan telah terbuka luas dan mewah. Terbuka luas yang artinya untuk mahasiswa/i bisa mengambil kesempatan yang diberikan oleh berbagai wadah dalam kampus dan mewah artinya SELAMAT kamu diberikan fasilitas dan akan banyak ilmu, pengetahuan, bahkan pengalaman yang tidak terduga menambah amunisimu.

20150211_075136

Kuliah itu bagaikan investasi, kemudian hasil baiknya berlipat-lipat membanggakan, karena kesungguhanmu dan kemauanmu agar tahu dan bisa. Nah, manfaat kuliah tidak bisa diukur, tapi jelas sangat membanggakan.
Ooh ooh ooh… πŸ˜€ Selain menjadi mahasiswa/i yang harus melaksanakan kewajibannya untuk kuliah, berbagai kesempatan lain (milikmuu) terbuka dan semua kembali ke pilihanmu. Baiklah, yuuk kembali ke pembahasan… πŸ™‚

HAI MAHASISWA DAN MAHASISWI… BERBAGAI KESEMPATAN INI MILIKMU.

1. Unit Kegiatan Mahasiswa

IMG_5707Ya, benar sekali. Salah satu kesempatan yang bisa didapat oleh mahasiswa/i ialah bergabung ke sebuah unit kegiatan mahasiswa. Unit Kegiatan Mahasiswa atau biasa disebut “UKM” adalah sebuah wadah yang mengajak serta mengizinkan para mahasiswa/i aktif serta kreatif untuk menambah kemampuan dan mengembangkan kemampuannya. Pilihan UKM yang menarik itu tentu sesuai kampus, maksudnya berbagai macam UKM di kampus sesuai yang disediakan di sana, tidak selalu bisa ditemui di kampus lain atau kampus kita bisa jadi tidak menyediakan semua UKM yang sama dengan kampus lain. Tentu begitu, karena peminat sampai pendiri ialah mahasiswa/i maka terbentuknya UKM sesuai komitmen peminat dan pendirinya.

Wow, menyenangkan sekali jika bisa bergabung di UKM yang diminati, salah satunya sesuai hobi. Baik UKM di bidang olahraga, kesehatan, sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lainnya. Wadah aktivitas mahasiswa/i untuk mengembangkan minat, bakat, dan keahlian tertentu bagi para anggotanya.

Tunggu dulu. Selain mengembangkan minat, bakat, dan keahlian. πŸ™‚ Hai para mahasiswa/i, kalian juga mendapat pengalaman yang mengagumkan, dua di antaranya akan kusebutkan “Berorganisasi” dan “Berbagi”. Jangan lupa, kalian akan punya banyak teman, baik satu daerah atau bahkan dari daerah yang berbeda-beda. Wah wah, INDAHNYA MENGENANG yang berarti BERMAKNA.

Tidak kalah penting yakni PELATIHAN. Yah pelatihan diberikan saat kamu sebagai anggota UKM. Pelatihan ini sesuai kapasitas dan berkaitan program dari tiap UKM. Bermanfaat sekali ya… Tapi ingat! Setiap UKM itu berbeda-beda dan pelatihan yang diberikan tentu sesuai yang diprogramkan.

2. Berorganisasi

IMG_20150220_151550Berorganisasi adalah salah satu fasilitas yang menunjang kemampuan, baik dari sikap sebagai pemimpin, kedisiplinan, kegigihan, mengasah kreativitas, inovatif, kerjasama, kekuatan, keakraban. Kalau disebutkan pasti banyak sekali yang sifat positifnya, karena berorganisasi adalah belajar dan mempelajari menjalani kehidupan nyata yang akan kita jalani nantinya atau di masa mendatang. Sungguh bermanfaat dengan berorganisasi, tentu bermanfaat jika kita dapat berproses dan mengambil makna.

Berorganisasi itu telah ada dengan berbagai macam bentuk juga, yaitu MENWA, BEM U, BEM Fakultas, Hima Program Studi. πŸ˜€ Senangnya bisa berorganisasi. Yah ya, tidak semudah membayangkan, berorganisasi tentu membutuhkan komitmen dan kesungguhan, akan tetapi kalian tidak dibiarkan berjalan sendiri. Umumnya, saat kalian berorganisasi, tentu kalian akan diberi bekal untuk mengenal lebih tentang organisasi kalian dan mendapat latihan bahkan pelatihan khusus agar terdidik dan terlahir profesional. SELAMAT YAAH πŸ™‚

Melalui organisasi, kalian akan mendapat berbagai hal-hal baru yang akan bermanfaat jika memilah dan memilih sifat positifnya. Salah satu acara yang membuat salut ialah bakti sosial. Di sana (bakti sosial), kalian tahu tentang proses dan hikmahnya, bahkan acara itu adalah salah satu faktor kebahagiaan. πŸ˜€ Berbagi kebaikan itu dapat memperkuat daya ingat dan kebahagiaan atas rasa syukur. πŸ™‚

3. Seminar

Yeeeh… ada seminar. Seminar yang biasanya dinanti oleh para mahasiswa/i aktif, apalagi jika seminar dengan topik berkaitan dengan kebutuhan, pemateri terkenal, satu lagi “sesuai amunisi dalam dompet” πŸ™‚

Seminar itu merupakan kebutuhan, seperti makanan tambahan mahasiswa/i khususnya. Jika belajar adalah makanan sehari-hari mahasiswa/i maka seminar adalah makanan tambahan yang sayang diabaikan, tapi boleh ditunda jika begitu adanya dan usahakan didapat lain kali.

Umumnya di setiap kampus mempunyai poin sebagai syarat yudisium atau kelulusan mahasiswa/i. Yaa, seminar bisa mengisi kolom poinmu itu.

Seminar adalah sebuah pertemuan yang mendatangkan pemateri langsung. Jadi, siapkan kondisi dan keadaan untuk menyimak dengan baik, siapkan alat tulis beserta pertanyaan yang berkaitan agar mendapat solusi baru, sesuai pertanyaanmu. πŸ™‚

4. Lomba

Lomba adalah beradu kemampuan bersifat sehat. Lomba untuk mahasiswa/i tentu dapat ditemui, contohnya di mading-mading kampus, internet, koran. Lomba adalah peluang bagi mahasiswa/i yang mau dan mampu mengikutinya.

Oh… coba dibaca sampai selesai dulu ya.

Kemauan dan kemampuan memang tidak dapat dimungkiri. Mau berarti ada kemauan untuk ikut lomba itu. Sebelum lomba dilaksanakan, tentu ada kemauan berlatih dan mencari tahu tentang hal yang berkaitan. Setelah itu, mendaftar sebagai peserta dan mengikuti lomba. Itu yang dinamakan mau. Mampu berarti mengenali diri sendiri. Mengenali dirimu sendiri maksudnya mengenal mental diri sendiri dan mau belajar agar memiliki mental pemenang. Nah, jika telah mempelajari apa sampai bagaimana mental pemenang itu, kamu akan kenal akrab dengan sikap para pemenang. Mengenai menang atau kalah adalah hal yang wajar, akan tetapi bagaimana cara kita menyikapi secara sehat adalah hal yang luar biasa. Itulah yang dinamakan mampu, mampu menerima dengan lapang dan menyikapi dengan sehat.

Saat menjadi peserta itu bagaikan aktor di atas panggung yang disinari berbagai cahaya menyala terang, karna kau menjadi pusat perhatian. Sungguh kesempatan yang tiada terkira apakah akan ada lagi lomba yang sama ataukah beda, apakah kita dapat mengikuti lomba itu di masa mendatang jika masih dengan lomba yang sama atau beda.

Tunggu sejenak, coba baca perlahan ini ya. πŸ™‚

Jika kita bisa mengikuti lomba… berarti kita pun bisa menjadi panitia lomba. πŸ˜€ Wah wah mahasiswa/i kreatif, SELAMAT ya! Iya, sebagai mahasiswa/i yang masih difasilitasi. Kalian mempunyai banyak kemungkinan besar untuk menuangkan ide, gagasan, kreativitas dengan cara mengadakan lomba, yang sebenarnya itu termasuk cara membuat kampusmu terkenal. Kabar baiknya, ini menambah nilai tambah untukmu dikenal sebagai mahasiswa/i aktif yang berpotensi. Kamu bahkan dikenal para rektor dan relasi akan berdatangan.

Yaa, sungguh mengagumkan.

5. Pengusaha

Saat kita mempunyai perkumpulan yang luas atau teman-teman kuliah di kelas. Wuaaah… relasi kalian bertambah. Banyak pilihan cara untuk menjadi pengusaha, (1) baik bekerja sama dengan teman (2) menitipkan karya di pemilik toko; (3) menjual karya ke para teman sampai para dosen, dan beberapa cara yang bisa kalian temukan.

Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya jika pernah bermimpi jadi pengusaha. Seperti yang telah disebutkan, ada tiga cara untuk menjadi pengusaha. πŸ˜€

(Senangnya dengan mata yang berbinar-binar) Menyenangkan sekaligus membanggakan ya menjadi mahasiwa/i. Berbagai kesempatan yang telah diberikan dan itu adalah milikmu, kamu yang berhak memilih dan memutuskan.

Berbagai kesempatan itu terbuka untukmu, πŸ™‚ hai mahasiswa/ mahasiswi. Senang sekali ya, diberikan fasilitas dan hal-hal baru yang positif bisa didapatkan. Manfaatkan fasilitas itu dengan baik.

πŸ˜€ Benar sekali kalian adalah mahasiswa/i aktif, tapi ingat selalu bahwa kalian tetap harus aktif kuliah dan bersungguh-sungguh kuliah. Meski ada kata-kata bahwa IPK bukanlah patokan akhir untukmu menjadi sukses, namun sayang sekali jika tidak bersungguh-sungguh kuliah. Ada nasihat lama dan mungkin akan kalian dengarkan lagi dengan kata-kata berbeda, simpulan yang sama bahwa “Kuliah yang serius, jika tidak serius mending tidak kuliah!” Yah, mumpung masih muda.. dengarkan nasihat, jangan mudah mengeluh. Hai, mahasiswa dan mahasiswi aktif, memanajemen waktu memang sangat perlu. Kalian sebagai mahasiswa/i masih tetap bisa menjalani kuliah yang sudah seharusnya dan memilih aktivitas lain, tentu bermanfaat ya. πŸ˜€

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s